Cara Mudah Mencangkok Tanaman Praktis

Pengertian Mencangkok adalah menumbuhkan akar pada batang tanaman yang selanjutnya akan ditanam. Mencangkok tamanan bisa dikatakan gampang - gampang susah. Walaupun kelihatannya sederhana dan gampang dilakukan, namun banyak juga yang gagal alias tidak tumbuh akarnya, bagian batang yang dicangkok malah menjadi kulit tanaman seperti semula. Untuk itu, kita harus memperhatikan cara dan bahan yang digunakan untuk mencangkok. Contoh - contoh tanaman yang bisa dicangkok : Tanaman jeruk, mangga, jambu, sawo, matoa, rambutan, mawar, dll.

Cara Mencangkok Tanaman

Perlu diingat bahwa: hanya tanaman yang berkambium saja yang dapat dicangkok. Dengan mencangkok, kita akan mendapatkan tanaman baru akan tetapi memiliki sifat yang sama seperti induknya. Jadi bisa dikatakan mencangkok merupakan kegiatan memperbanyak jumlah tanaman yang memiliki sifat yang sama seperti induknya namun tidak melalui biji. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas cara - cara mencangkok tanaman.

1. Kupas batang yang akan anda cangkok sampai bersih ( tidak ada lendirnya ) pilih batang yang lurus.

Cara Mencangkok Tanaman

2. Bungkus batang yang sudah dikupas tadi dengan plastik / media lain. Lalu diisi dengan tanah liat yang subur kemudian lubangi plastik tersebut kemudian siram dengan air.

Cara Mencangkok Tanaman


3. Tunggu sampai akarnya tumbuh kira- kira 15 hari tergantung jenis tanamannya.Jangan lupa siram secara teratur dengan air 2 hari sekali , setelah tumbuh akar, potong bagian bawah cangkok lalu tanam.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mencangkok ialah :

* Induk tanaman yang dicangkok sebaiknya mempunyai sifat unggul

* Batang yang dicangkok haruslah lurus agar nanti hasilnya bagus

* Pilih batang yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua. Selamat mencoba

.Mari hijaukan bumi kita agar pemanasan global bisa kita kurangi, "Hijau bumiku lestari kehidupanku."

Mungkin ada yang membutuhkan info seputar GADGET atau Smartphone, bisa mengunjungi www.harianseluler.com

0 komentar

Posting Komentar